Monday, April 27, 2015

Cara Transfer dan mengelola file di FTP menggunakan FileZilla

Cara Transfer dan mengelola file di FTP menggunakan FileZilla - Untuk mengakses FTP server
Cara Transfer dan mengelola file di FTP menggunakan FileZilla - Untuk mengakses FTP server, Anda membutuhkan sebuah program pembantu disebut FTP-client. FileZilla FTP Client adalah program yang sangat populer. Dalam program ini, mengelola file di server FTP menjadi sangat mudah, hanya melalui aksi mouse, drag dan drop. Berikut adalah beberapa metode dasar menggunakan FileZilla.

Cara Transfer dan mengelola file di FTP menggunakan FileZilla

Login ke server FTP

Cara memasukkan FTP-server menggunakan FileZilla sangat mudah. Berikut ini adalah contoh masuk ke server FTP Microsoft:
Tuan rumah: Masukkan alamat FTP server. Alamat komposisi FTP server biasanya ftp.namadomain.com atau hanya namadomain.com. Sebagai latihan, gunakan ftp.microsoft.com.
Username: Masukkan username. Jika akses adalah server publik, mengisi anonim. Jika server akses hosting yang Anda isi username hosting Anda.
Sandi: Masukkan sandi Anda. Jika akses adalah server publik, masukkan alamat email Anda. Jika akses ke server hosting, masukkan password untuk hosting Anda.
Port: Kosongkan atau isi nomor 21. port default untuk akses FTP biasanya port 21.
Quickconnect klik atau tekan Enter, untuk mengakses. Perhatikan bahwa pada kolom di bawah ini akan melakukan proses otentikasi. Jika Anda berhasil login, maka akan muncul dibangun untuk katalog pesan sukses dan kolom kanan situs remote akan daftar file dan folder ke FTP server.
Login ke server FTP
Untuk mematikan, tekan tombol merah dengan salib. Jika sambungan terputus di tengah-tengah aktivitas Anda di server FTP, tekan F5 atau klik pada tombol R untuk menghubungkan kembali.

Tahu antarmuka FileZilla


Anda harus tahu, sekilas status bar, garis login dan koneksi kolom status di FileZilla. Selain itu, secara umum ada dua arah utama di FileZilla:
Situs Lokal: terletak di kolom utama di sebelah kiri berisi daftar folder di komputer Anda. Bagian bawah menunjukkan jumlah file dan folder dalam folder yang dipilih item.
Terpencil site: Terletak di sebelah kanan kolom utama, yang berisi daftar folder di server, Anda mendapatkan akses ke Internet. Bagian bawah menunjukkan jumlah file dan folder dalam folder yang dipilih item.
Situs lokal
Situs remote
Selain itu, di bagian bawah jendela adalah FileZilla proses kolom status. Antrian daftar download atau upload file muncul di sini.

Men-download file dari FTP server

Kegiatan utama biasanya dilakukan pada server ke Internet untuk men-download file. Caranya semudah di Windows Explorer.

Upload file melalui FTP
Browse folder pada situs remote untuk menemukan file yang Anda inginkan. Browse folder pada situs lokal dan menentukan lokasi penyimpanan file.
Tarik file atau folder yang ingin Anda salin dari server ke komputer lokal Anda. Klik pada nama file dan tahan tombol mouse, kemudian pergi ke daftar file pada situs lokal di kolom kiri. Lepaskan tombol mouse.
Perhatikan bahwa proses boot akan ditampilkan dalam kolom status di bagian bawah. Tunggu sampai kolom kosong, sebagai tanda download selesai.
Upload file ke FTP server

Pada prinsipnya, meng-upload file ke FTP server serta men-download file dari FTP server. Anda tinggal melihat lokasi file sumber dalam situs lokal dan arahkan ke folder di situs download terpencil. Aksi tarik, seperti sebelumnya, tapi sekarang dengan arah yang berbeda, yaitu dari lokal ke situs remote.

Satu hal yang harus diperhatikan, sebagai suatu peraturan, menolak akses ke anonymous FTP server untuk men-download atau mengelola file di server (misalnya, menghapus, mengubah nama, dll). Upload file hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki hak penuh (misalnya, web hosting), atau Anda berhak untuk server manajemen.

Mengelola file menggunakan FTP hosting


Jika Anda memiliki hak untuk mengakses, seperti diasumsikan bahwa Anda menyewa hosting untuk website Anda, Anda dapat mengatur file halaman web dan file tambahan lainnya dengan cepat dan mudah menggunakan FTP.
Masuk ke hosting Anda, isi parameter seperti dijelaskan di atas. Sebagai aturan, pemilik penuh namadomain.com, sebagai nama pengguna dan password, sebagai suatu peraturan, bertepatan dengan user name dan password yang Anda gunakan untuk login ke halaman manajemen hosting Anda (misalnya CPanel).
Untuk meng-upload file halaman web (misalnya, file CMS) atau aplikasi berkas dukungan web (seperti gambar atau dokumen pada link pada halaman Web), gunakan file download, seperti yang disebutkan sebelumnya.
Selain itu, file data backup pada hosting Anda, hanya melakukan beban dengan drag dan drop, seperti yang dicontohkan sebelumnya.
Untuk menghapus file atau folder ke hosting, klik kanan item yang ingin Anda hapus situs remote, lalu pilih Hapus. Klik Ya untuk mengkonfirmasi.
Untuk mengganti nama file atau folder pada situs remote, klik kanan dan pilih Rename. Masukkan nama baru.
Untuk membuat folder baru di situs remote, hanya melakukan klik kanan dan pilih New Folder. Masukkan nama untuk folder baru.
Kadang-kadang untuk kebutuhan khusus (misalnya, ketika Anda menginstal CMS), Anda harus mengubah hak akses file atau folder di hosting anda. Hanya saja di lokasi terpencil, Anda klik kanan file atau folder yang ingin Anda ubah izin. Pilih file permissions.
Pengaturan hak akses dengan mengklik izin jendela pilihan. Centang untuk mengaktifkan atau izin hapus centang memilih untuk mengurangi hak istimewa. Selain itu, metode ini dapat digunakan nilai numerik kombinasi untuk mengatur hak akses cepat. Misalnya, untuk menginstal CMS kadang-kadang Anda perlu mengubah hak akses pada folder atau file tertentu dengan nilai 777.
Klik OK, dan kemudian mengubah hak akses untuk diterapkan.
Hak akses file
Pengaturan hak akses file

Untuk penjelasan lebih rinci tentang hak akses file, ikuti penjelasan di posting berikutnya.Cara Transfer dan mengelola file di FTP menggunakan FileZilla

Related Posts

Cara Transfer dan mengelola file di FTP menggunakan FileZilla
4/ 5
Oleh